Jl. Poros Enrekang Km 1 Sulawesi Selatan 91761

Website Resmi Ponpes Rahmatul Asri

(021) 6666666

email@rahmatulasri.com

PPM RAMA

Jl. Poros Enrekang Km. 1 Enrekang, Sulsel 91761

07:30 - 19:00

Seminggu Kecuali Jumat

Kepesantrenan

Kepesantrenan dalam lingkup PPM Rahmatul Asri merupakan lembaga yang megelola hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan dan kurikulum pondok pesantren, pengembangan bahasa, ekstrakurikuler, pengasuhan santri, disiplin dan hal-hal lain yang terkait dengan pembinaan santri.

Kurikulum

PPM Rahmatul Asri menerapkan kurikulum dengan sistem yang terintegrasi antara kurikulum pendidikan nasional dengan kurikulum interen PPM Rahmaatul Asri. Penerapan kurikulum dengan sistem integrasi ini berimplikasi pada pendirian lembaga-lembaga pendidikan formal yang memiliki ciri khas sebagai lembaga yang bernaung di bawah naungan lembaga pendidikan Islam pondok pesantren. Dengan demikian maka seluruh program kurikulum yang direncanakan oleh lembaga pendidikan formal harus bersinergi dengan visi misi dan program kurikulum pondok. Lembaga pendidikan formal yang dikelola sampai sekarang sebanyak empat lembaga yaitu SMP, MTs, SMA, dan MA.

PPM Rahmatul Asri dalam mengembangkan kurikulumnya berpatokan pada visi, misi serta ciri khasnya yaitu pengembangan bahasa asing dan kajian kitab kuning. Oleh karena itu, sistem pembelajaran bahasa asing (Arab-Inggris) menggunakan sistem terpisah (nadzariyah al-furu’), sementara dalam kajian kitab kuning menggunakan sistem bandongan secara umum dan diselingi dengan sistem sorongan pada momen-momen tertentu.

Mata pelajaran kepesantrenan dalam struktur kurikulum PPM Rahmatul Asri terbagi kepada tiga kelompok mata pelajaran, yaitu kelompok agama Islam, kelompok bahasa Arab dan kelompok bahasa Inggris.

Kelompok  agama Islam meliputi: aqidah dan ahlak, fiqhi, al-Qur’an hadits, tarikh, tajwid tahsin, al-Qur’an hifdzan, ilmu faraid dan ilmu mantik; kelompok bahasa Arab meliputi: bahasa Arab, illmu nahwu, illmu sharaf, ilmu balagah, imla’, khat, muthala’ah, insya’ dan terjemah. Kelompok bahasa Inggris meliputi: Bahasa Inggris, reading dan conversation, dan grammer.

Adapun kajian kitab kuning, kurikulum PPM Rahmatul Asri menetapkan kitab-kitab kajian berdasarkan bidang kajian yang dipelajari yaitu bidang tafsir, hadits, fiqhi, akhlak dan tasawuf. kitab-kitab yang dipelajari adalah tafsir jalalain, bulugul maram, fathul qarib, fathul muin, irsyadul ibad dan tanwirul qulub.

Pengasuhan

Pengasuhan merupakan lembaga di bawah kepesantrenan yang membidangi kedisiplinan santri. Dalam menjalankan tugas, pengasuhan bekerja sama dengan pembina asrama, wali-wali kelas, pembina opra dan pembina osis dalam lingkungan PPM Rahmatul Asri. Agar tugas pengasuhan lebih efektif, maka kepesantrenan membentuk pengasuhan berdasarkan gender, yaitu pengasuhan putra yang menangani santri putra dan pengasuhan putri yang menanganni santri putri.

Lembaga Bahasa

Lemabaga bahasa adalah lembaga yang menangani pengembangan bahasa asing di PPM Rahmatul Asri dalam hal ini adalah bahasa Arab dan Inggris. Program lembaga bahasa disusun untuk menjadikan bahasa asing sebagai bahasa sehari-hari santri santriwati PPM Rahmatul Asri.

Lembaga bahasa bekerja sama dengan pengasuhan, pembina asrama, pengurus asrama, pembina opra/osis dan pengurus opra/osis yang membidangi bahasa.

Program harian lembaga bahasa berupa pemberian mufradat/kosa kata kepada santri per asrama setiap pagi dan sore. program ini dilakukan di lingkungan asrama, dan ditangani langsung oleh pembina dan pengutus asrama.

Program mingguan berupa penerapan bahasa asing di lingkungan pondok yang dilakukan secara silih berganti antara bahasa Arab dan Inggris serta program pidato tiga bahasa. Program ini dilaksanakan bekerja sama dengan pembina dan pengurus asrama, pembina dan pengurus opra/osis, dan seluruh komponen pondok.

Program yang lain adalah program perkampungan bahasa yang dilakukan setiap semester, pelatihan debat serta program-program lain yang menunjang perkembangan dan penguasaan bahasa Asing santri PPM Rahmatul Asri.